sTOCK pROJECT MERILIS SINGLE TERBARUNYA SEMAH

Semenjak Konser “Sebuah Cerita Sederhana” pada tahun 2018 dan setelah “hibernasi” yang cukup, akhirnya Stock Project menyajikan lagi sebuah album musik yang kali dinamai dengan “Lagi, Bersuara” yang dibagi kedalam 3 babak cerita atau tricarita yaitu Harsa Buana, Pati buana dan Kanca Balaka.Harsa Buana dan Pati Buana dirilis pertama pada tahun 2021 sampai tahun 2022, dan tricarita Kanca Balaka dirilis pada tahun 2023.

Kanca dan Balaka berasal dari bahasa Sunda, yang berarti teman atau sahabat, dan Balaka berarti terus terang, jujur, atau terbuka. Tema cerita babak 3 ini berfokus pada hal-hal yang bersifat terbuka, jujur, dan langsung dalam percakapan antar individu dalam hubungan, baik dalam konteks pertemanan biasa atau bahkan “pertemanan” asmara. 

Babak Kanca Balaka dimulai dengan cerita tentang “Semah”, yang dalam bahasa Sunda berarti “Tamu” atau “Bertamu”, dan juga sering disebut sebagai singkatan dari “Ngahesekeun nu boga imah”, yang berarti “ngerepotin yang punya rumah”, sebuah bentuk kejenakaan dalam konteks yang baik. Sudut pertemanan yang selalu “bertamu” ke dalam orang, rumah, bahkan lingkungan dan budaya yang pernah didatangi digambarkan oleh “Semah”. Percakapan terbuka yang bebas, ringan-berat, atau terkait dengan ide, berita, atau rumor, dan bahkan dapat menghasilkan diskusi dan debat. Untuk saling mengenal, menjalin silaturahmi, dan mengobati kerinduan sambil ditemani teh atau kopi dan cemilan favorit tamu sepertinya biasa. Selain itu, jika pepatah kuno mengatakan:

“Kalau ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur kita panjang boleh kita jumpa lagi”

maka Semah akan berbunyi :

“Mungkin bila nanti, jarang bertemu lagi, Tak usah lah sungkan merindu

Mungkin bila nanti bisa bertemu lagi, Bolehkah kita ngobrol lagi”

sAAT INI, Semah sudah direlease melalui platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music, Instagram, Tiktok, dan Deezer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *