Balcony is Fvcking Dead !!! Bubar??

BALCONY is Fucking Dead!

Tertulis di halaman page media sosial Facebook Yudi ‘Ryuka’ Setiawan ( BARUZ )
.
BALCONY is Fucking Dead!
1994 – 2017
Penghujung cerita.
2003 sejak dirilis nya album “Metafora Komposisi Imajinar” pada April 2003, mungkin adalah awal “kehancuran” band ini. Baruz di depak karena ketidak mampuan nya ‘mengikuti’ materi baru balcony, disusul pada 2004 ketika Wahyu ‘Jojon’ Permana terkait masalah besar dengan kolektif Harder dan akhir nya pun dipecat, kemudian bergulir pada 2005, ketika Febby pun mesti menerima kenyataan bahwa dia sudah tidak bisa fokus di band dan membuat diri nya pun di depak oleh Ramdan dan Badik. Formasi line up di bongkar, masuk nya Vicky frontman dari band metal core Heaven Fall, kemudian Alta ( bassist Heaven Fall ) juga Cuplak ( eks drummer Rocket Rocker ) menjadi penanda Balcony line up baru. Namun line up ini tidak serta merta tanpa hambatan, membawa nama besar Balcony dan masih berseteru nya Febby dan Ramdan saat itu memunculkan 2 versi dari band balcony. Balcony Febby yg terdiri dari Baruz, Jojon, Andres, dan Anton Bacok ini pun hanya sebagai pemanas kepada Balcony Ramdan, kenyataan nya bahwa band balcony Febby ini tidak pernah keluar lagi sebagai sebuah band utuh. Akhir nya pada 2006, atas keinginan Febby, akhir nya Baruz & Jojon menemui Ramdan dan bersepakat untuk me non – aktifkan band ini sampai pada satu massa yg tidak bisa ditentukan. Akhir nya tidak lama setelah itu, Ramdan dan Vicky bergabung dengan #burgerkill juga Badick yang akhir nya ditarik oleh #Jeruji
Waktu berlalu, saya sudah sibuk dengan band baru #godlesssymptoms, sementara Jojon dan Febby bergabung bersama team manajemen #noahband dan #masterplanstudiobandung untuk kemudian Jojon ditarik oleh The Masiv & Geisha sebagai Roadman. Tahun 2009, tak disangka sangka, Jojon balik ke Bandung dan mengajak saya juga Febby untuk ‘jamming’, dan sempat membuat 2 lagu baru ( nanti nya ini adalah cikal bakal dari lagu ‘Aku Menolak’ & ‘Kafir’ ) tak ada lagi cerita setelah itu, dan kami pun kembali tenggelam dengan kesibukan masing masing.
Pada 2011, tetiba saya di telpon oleh salah satu EO Bandung untuk menampilkan line up reuni Balcony ‘MKI’ di sebuah acara besar di Bandung, setelah menghubungi personil personil lain, akhir nya kami sepakat untuk mengambil kesempatan ini dan kemudian kembali bergabung di Studio Ciumbuleuit untuk berlatih dan mempersiapkan show mereka. Show berlalu pada Oktober 2011, dan tetap kami tidak bisa lagi intens sebagai sebuah band, dan kami kembali menghilang.
2012 Indra Severus & Aga dari Red Studio menawarkan kepada Ramdan agar Balcony membuat album reuni di studio mereka. Kesempatan ini pun diambil. Walaupun pada proses nya, kami berlima tidak pernah bertemu secara intens, akhir nya album ini bisa beres dan dirilis pada Februari 2013, srbelum nya pada Desember 2012 merilis single #kafir
Album Reunion ini menampilkan formasi line up ‘MKI’ Baruz, Jojon, Febby, Ramdan, dan Badick. 6 lagu berhasil mereka rekam ( 3 lagu baru, juga 3 lagu dari 3 album penuh mereka direkam ulang ), dan satu lagu kolaborasi #memoar98 dengan partner in crime mereka #homicidehiphop
Setelah rilis nya album reunion, Ramdan memutuskan untuk fokus di #burgerkill, sisa dari formasi ini pun tetap berjalan mengisi kekosongan dan dibantu oleh Mbi dari band #flatlandband, kami mulai manggung sebagai secret guest di beberapa rilis party kawan kawan skena Bandung Hardcore. Menjadikan band ini kembali terdengar ke khalayak luas, akhir nya impian kami membuat Video clip direalisasikan! Lagu kolaborasi dengan Homicide #memoar98 dibuat untuk merayakan persahabatan di sebuah cafe di Bandung. Tak lama setelah itu, pada 14 Oktober 2014, kami semua dikejutkan dengan berita bahwa Jojon meninggal dunia akibat serangan jantung!
Membuat semua dari kami terpukul seakan tidak percaya. Sempat vakum beberapa saat, perjalanan ini akhir nya pun kembali dilanjutkan dengan menggandeng Anton Bacok bassist Balcony dari album pertama untuk membantu band ini menunjang live show.
2015 adalah tahun dimana Febby sementara waktu tidak bisa bermain di band, dan digantikan sementara oleh Vicky dari band #devdan #savoroffilth, formasi ini pun berjalan tak lama, karena ketidak cocokan Anton dengan Baruz di band. Akhir nya, formasi kembali di rombak, Mbi yg semula bermain gitar, kemudian di transformasi untuk mengisi Bass, sementara gitar diisi oleh Badick dan gitaris baru bernama Febby juga, dari band #sidjil
Lumayan cukup malang melintang menjajal panggung, akhir nya Vicky pun tidak bisa lanjut di band karena sibuk pula dengan band baru nya Febby #kidsway bersama Amet #takeastand dan Idan #asiaminor, akhir nya untuk mengisi kekosongan dan panggung panggung yang sudah terlanjur di sepakati, akhir nya Baruz mengajak Goestie, drummer #godlesssymptoms untuk sementara membantu panggung dan tour nya Balcony. Lepas itu, terlalu banyak permasalahan intern yang mencuat dengan yang tersisa dari line up MKI ( Baruz, Badick, dan Febby ) membuat saya pribadi menjadi gundah untuk menentukan jalan band ini selanjut nya.
Akhir nya pada hari ini, saya mengambil sebuah keputusan bulat bahwa BALCONY mesti dibubarkan.
Dengan segala memori dan kenangan yang tersimpan selama 23 tahun sejak band ini didirikan, semoga langkah ini tepat ada nya.
Semoga silaturahmi semua dari kita tetap terjalin. Terimakasih tak terhingga pada semua yang pernah terlibat di kolektif ini, sehingga bisa berjalan selama 23 tahun.
‘Jangan bangunkan aku kawan, mimpi buruk ini terlalu indah untuk dilewatkan’
Baruz, Bandung, 15 Juni 2017
Terimakasih pisan!
Yang pernah bersama kolektif Balcony:
M. Andriandres – Anton Bacok – Kaka – Iday – Galih – Febby – Jojon – Ramdan – Badick – Vicky – Alta – Cuplak – Vickystefanus – Mbisicks – Febby Sidjil – Goestie.
Semua team #balcore
You know who you are!
#balconybdhc #balconyhardcore #bandunghardcore
#instantjustice1997
#terkarbonasi1999
#redefinishit2000
#hymnepenghitamlangitdanprosatanpatuhan2003
#metaforakomposisiimajinar2003
#reunion2013
terdengar kabar berita tersebut teman-teman & penikmat musik cadas merasa sedih, akan tetapi semuanya menghargai semua keputusan yang berat ini.
RESPECT !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *